Jumat, 03 Februari 2017

Jenis Jenis Motherboard Yang Wajib Anda Tahu

Fungsi motherboard yang perlu diketahui
Sebelum anda mengenal jenis jenis motherboard ada baiknya jika anda mengetahui apa yang disebut dengan motherboard. Motherboard merupakan tempat disusunnya seluruh rangkaian komputer termasuk procecor, chipset, ram, hardisk serta vga, socke socket lainnya yang merakit sebuah komputer, termasuk pula slot slot yang menyambungkan komputer dengan listrik atau media lain. Motehrboard dipengaruhi oleh form factor atau ukurannya. Hal ini yang membuat jenis motehrboard menjadi berbeda. 
Jenis motherboard beserta ukurannya
Jenis motherboard yang pertama adalah at baby, motherboard yang satu ini merupakan motherboard klasik yang tidak digunakan lagi saat ini. Motherboard yang satu ini dikembangkan oleh ibm untuk menggunakan komputer pentium 2 tepatnya di era sebelum tahun 1990an. Motherboard yang satu ini memiliki banyak kekurangan seperti mudah panas, ukurannya yang besar, saat ini tidak di gunakan karena sudah tidak kompatibel lagi dengan komputer lainnya. 

Jenis motherboard selanjutnya adalah keluaran dari atx. Motherbard ini merupakan pengembangan dari at baby. Motherboard atx inilah yang hingga kini di gunakan sebagai motherboard standar yang di gunakan pada komputer yang ada diseluruh dunia. Jenis jenis motherboard dari atx sendiri ada beberapa yaitu atx standar, merupakan motherboard atx dengan formasi standar yang digunakan komputer atau laptop. Selain itu ada micro atx ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan standar atx, umumnya digunakan pada perangkat yang lebih kecil dari komputer atau laptop. Selain itu ada flex atx merupakan motherboard yang dikembangkan dari micro atx dan mini atx merupakan motherboard yang kecil seperti micro hanya saja ukurannya hanya 284 mm dan lebar 208 mm. 

Jenis motherboard selanjutnya adalah btx atau balanced technoloy extender. Jenis motherboard yang satu ini merupakan motherboard yang menawarkan keseimbangan dalam penggunaan sistem komputer. Motherboard btx memiliki kelebihan dalam pengaturan sirkulasi suhu pada komputer atau laptop sehingga mampu mengendalikan panas. Jenisnya juga beragam ada standar btx, mocro btx dan pico btx. Ukuran pico merupakan motherboard btx yang paling kecil yaitu lebar sebesar 203 mm dan panjang 264 mm.

Jenis jenis motherboard lainnya adalah motherboard itx atau information technology extende. Motherboard yang satu ini merupakan jenis motherboard paling kecil dibandingkan dengan jenis atx dan btx. Motherboard itx umumnya di gunakan untuk mini pc, tablet dan digunakan untuk ukuran netbok yang kecil. Untuk jenisnya sendiri ada dua yaitu mini itx, dan nano itx. Keduanya berukuran sangat kecil. Untuk mini itx ukurannya sekitar 170 mm sedangkan untuk nano itx ukurannya sekitar 120 mm x 120 mm. Kecil sekali bukan ? Namun dengan ukuran yang sangat kecil ini kelebihannya adalah bisa di gunakan untuk pc atau tablet. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar