Jumat, 03 Februari 2017

Tips Untuk Mengoptimalkan RAM Komputer

Fungsi dari RAM tidak lain untuk mendukung kinerja prosesor. Sehingga dapur pacu dapat melakukan semua proses komputing tanpa adanya kendala. Adapun kecepatan dan juga kapasitas dari RAM berkaitan langsung dengan kinerja komputer itu sendiri. Maksudnya semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin baik pula kinerja komputer Anda.

Akan tetapi, mungkin Anda pernah bermasalah dengan kecepatan proses RAM. Merasa RAM sudah cukup besar tetapi nyatanya masih belum sesuai keinginan. Dalam hal ini mungkin Anda mesti melakukan upaya optimasi seperlu mengoptimalkan RAM komputer.

Berikut tips sederhana yang dapat dicoba untuk mengoptimalkan RAM komputer :
Menggunakan Task Manager
Melalui Task Manager Anda bisa memantau setiap proses atau kegiatan yang tengah berjalan pada komputer. Dalam hal ini hampir semua sistem operasi memiliki kemampuan mengurutkan penggunaan RAM dari yang terbesar sampai terkecil. Hanya saja setiap sistem operasi biasanya memiliki cara yang berbeda. Sebagai contoh untuk Windows Anda bisa melakukan klik kanan pada start taskbar lalu memilih Task Manager. Dengan cara tersebut Anda akan melihat jendela baru yang menampilkan semua proses yang berjalan.

Disable Startup Apps
Setelah memantau semua proses yang sedang berjalan, tips selanjutnya yaitu disable startup app. Langkah ini merupakan langkah advance. Startup app sendiri merupakan program yang akan berjalan secara otomatis saat komputer dihidupkan. Semakin banyak program yang berjalan, biasanya akan menambah berat prosesnya. Oleh karenanya Anda perlu melakukan disable startup app seperlu mengoptimalkan RAM komputer. Bagi pengguna Windows 7 dapat melalui msconfig. Sementara pada pengguna Windows 8 bisa mencobanya pada tab startup dalam task manager.

Aplikasi Pihak Ketiga
Aplikasi yang digunakan sebaiknya memang disesuaikan kebutuhan. Sebagai contoh beberapa anti virus yang juga dimanfaatkan untuk tweak. Tetapi ternyata Anda juga menginstall aplikasi lain seperlu booster. Adapun sebagai opsi Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga berupa CCleaner untuk Windows. Mungkin aplikasi tersebut bukan pilihan terbaik, karenanya Anda juga boleh menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lain. Tentunya aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang bekerja pada perangkat komputer Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar