Jumat, 03 Februari 2017

Manfaat Jaringan Komputer Bagi Perusahaan

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang didesain sedemikian rupa agar dua komputer atau lebih dapat saling berhubungan satu sama lain. Dengan dibuatnya sebuah jaringan komputer, tentunya terdapat keuntungan tersendiri dibandingkan penggunaan komputer secara personal atau sendirian.
Manfaat jaringan komputer bagi perusahaan antara lain:

Manfaat Jaringan Komputer: File Sharing
File sharing atau berbagi data dari komputer yang satu ke komputer yang lainnya merupakan keuntungan yang paling utama yang dihasilkan dari pembuatan jaringan komputer. Dalam suatu jaringan komputer memungkinkan terjadinya berbagi file yang dapat dilakukan jarak jauh selama antar komputer tersebut masih dalam satu kesatuan jaringan yang sama.

Manfaat lainnya, adalah dapat menghemat waktu yang digunakan untuk melakukan penyalinan atau pembagian suatu file dari satu komputer ke komputer yang lainnya tanpa harus menghabiskan waktu dengan percuma.

Manfaat Jaringan Komputer: Berbagi Sumber Daya
Serbagi sumber daya juga merupakan salah satu keuntungan jaringan komputer. Kita ambil contoh, jika terdapat lima orang dalam satu keluarga yang mempunyai lima buah komputer masing-masing mereka pasti akan membutuhkan lima buah modem apabila dibutuhkan pada waktu yang bersamaan.

Akan tetapi hal ini bisa diatasi dengan membuat sebuah jaringan komputer yang menjadikan kelima komputer tersebut menjadi saling berhubungan hal memungkinkan mereka hanya memerlukan satu buah modem yang dapat mereka gunakan dalam saat yang bersamaan.

Hal ini dapat meningkatkan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan. Fasilitas berbagi sumber daya maupun berbagi data sangatlah menghemat waktu dan biaya.

Manfaat Jaringan Komputer: Meningkatkan Kapasitas Penyimpanan
Kelebihan jaringan komputer juga terdapat pada kapasitas penyimpanan. Dengan menggabungkan beberapa komputer di dalam sebuah jaringan ini memungkinkan menyatunya jumlah kapasitas penyimpanan yang dapat menampung data.

Misalnya saja pada salah satu komputer yang kebetulan memiliki kapasitas penyimpana yang relatif kecil dapat diatasi dengan melakukan penyimpanan pada salah satu client ataupun server di dalam jaringannya. Tentunya ini adalah hal yang sangat menguntungkan.

Manfaat Jaringan Komputer: Meningkatkan Efisiensi Biaya
Banyaknya software yang tersedia di pasaran dan juga banyaknya memakan waktu instalasi juga dapat diatasi dengan membuat jaringan komputer ini. Pasalnya dalam sebuah jaringan komputer kita hanya perlu menginstall software pada komputer server dan kemudian membagikannya agar dapat diakses oleh seluruh client pada jaringan. Tentunya hal yang satu ini akan menghemat biaya maupun waktu penginstalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar