Jumat, 03 Februari 2017

Jenis Motherboard Dan Spesifikasinya Yang Perlu Anda Ketahui

Sekarang ini teknologi semakin maju sehingga akan menyebabkan teknologi komputer pun mengalami perkembangan. Berkaitan dengan komputer, kamu pasti tidak asing dengan yang namanya motherboard karena ini merupakan perangkat penting yang perlu diperhatikan dalam komputer maupun laptop.Ada banyak jenis motherboard dan spesifikasinya yang perlu kamu tahu sehingga kamu bisa merawat komputermu dengan baik. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengatur jalannya semua rangkaian yang terpasang dan tersambung pada motherboard dari processor, memory, slot dan komponen eksternal lainnya. 

Pengaruh jenis motherboard dan spesifikasinya pada komputer
Pada dasarnya, performa tiap komputer berbeda-beda dan salah satu yang mempengaruhi performa komputer ini adalah spesifikasi motherboard. Contoh motherboard yang sering dijumpai adalah AT baby/AT, ATX, BTX, dan ITX. Nah, pada tiap-tiap jenis motherboard tersebut, memiliki spesifikasi tersendiri. Yang membedakan motherboard AT adalah formatnya menggunakan dalam 386 serta 486 komputer pertama. Selanjutnya, format tersebut ditingkatkan lagi dengan format ATX. Jenis motherboard termasuk spesifikasi juga mengalami perkembangan dari tahun ke tahun.
Selain itu, jika kamu memiliki komputer ASUS, kamu juga bisa nih mencari mother board tipe baru yang akan dirilis bernama motherboard ASUS Maximus II Gene. Pada jenis motherboard dan spesifikasinya, motherbard ini memiliki fitur-fitur yang mengesankan yang mana para gamers pasti akan menyukai spesifikasi pada motherboard jenis ini. Pada motherboard ini, kamu bisa lihat nih motherboard dengan processor terbaru seperti Core 2 Extreme, Core 2 Quad, Core 2 Duo, serta jenis lainnya. Selain itu, pada spesifikasinya motherboard ini memiliki Intel Socket 775 core2 Quad/ Core2 extreme/ core2 Duo/ Pentium Dual-core yang terdapat pada CPU.

Selain itu, BIOS yang digunakan pada motherboard ini adalah 16 Mb Flash ROM, AMI BIOS, PnP, DMI2.0, WfM 2.0, SM BIOS 2.4, ACPI2.0a Multi language BIOS. Selain mother board ASUS, jenis motherboard termasuk spesifikasi juga bisa dilihat dari perusahaan Pentium 4 dan Celeron processor. Kamu bisa melihat jenis-jenis seperti motherboard socket 478 dan socket LGA 775. Selain itu ada juga motherboard socket 478 yang memiliki lubang pin 478 untuk koneksi CPU.

Selain itu, pada motherboard, anda juga perlu memahami bahwa ada beberapa tipe colokan untuk ditancap ke processor anda. Pada jenis motherboard dan spesifikasinya, kamu bisa mengerti bahwa didalamnya terdapat ZIF (Zero Insertion Force) socket 7 sebagai model terlama atau biasa disebut dengan istilah Socket 7. Socket jenis ini kompatibel untuk processor yang dbuat oleh Intel, AMD, atau bahkan Cyrix. Ada juga model lama yang dinamakan socket 370 yang mirip dengan socket 7 akan tetapi jumlah pinnya sesuai dengan namanya yaitu 370 biji. Socket ini juga kompatibel untuk Intel dan AMD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar